Pendidikan Jasmani: Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup

Daftar Isi
Pendidikan jasmani adalah suatu metode edukasi dengan mengimplementasikan aktivitas jasmani yang dirancang dalam rangka menaikkan tingkat kesehatan fisik, mengembangkan kemampuan motorik, wawasan, dan gaya hidup sehat maupun antusias, tindakan fair play serta kecerdasan emosi.


Pendidikan jasmani termasuk tindakan usaha sehingga mampu mewujudkan segenap kapabilitas aksinya sebagai manusia dalam penerapan sikap, perbuatan dan karya yang memiliki reka bentuk, muatan dan arah menuju integritas selaras dengan tujuan kepentingan umum.
 

A.    Pengertian Pendidikan Jasmani

Berikut ini beberapa pengertian pendidikan jasmani menurut para ahli antara lain.
  • Menurut Nixon dan Cozens, pendidikan jasmani adalah suatu tahap dari segenap mekanisme pendidikan yang berkaitan erat dengan aktivitas dan reaksi otot yang intensif dan berhubungan dengan transformasi yang dihasilkan seseorang dari reaksi terkait.
  • Menurut Dauer dan Pangrazi, pendidikan jasmani adalah tahap dari tata olah pendidikan secara keseluruhan yang berkontribusi, khususnya melalui sensasi gerakan untuk proses tumbuh kembang secara menyeluruh pada setiap anak.
  • Menurut Bucher, pendidikan jasmani adalah bagian menyeluruh dari suatu tahapan pendidikan secara keseluruhan, lebih tepatnya tahapan pendidikan melalui aktivitas fisik yang telah ditentukan dalam rangka mendorong perkembangan dan menaikkan tingkat keterampilan organik, neuromuskuler, penafsiran, sosial, dan psikologis.
  • Menurut Hardi Warsono, pendidikan jasmani adalah suatu metode belajar mengajar yang struktural dan sistematik. Hal ini bertujuan untuk mendorong perkembangan keterampilan fisik, motorik, dan kesehatan individu melalui aktivitas kebugaran dan kegiatan fisik lainnya.
  • Menurut Sudjana, pendidikan jasmani adalah suatu langkah pengarahan dan pengembangan kemampuan fisik serta membangun kesadaran akan nilai pengembangan jasmani dan kondisi fisik bagi kesehatan manusia.
 

B.    Tujuan Pendidikan Jasmani

Berikut ini beberapa tujuan pendidikan jasmani antara lain.
  • Sarana untuk melakukan pembinaan anak muda supaya di masa depan mereka bisa mengambil keputusan paling baik mengenai aktivitas fisik yang dilangsungkan dan mempraktikkan gaya hidup sehat selama hidupnya.
  • Mendorong perkembangan pengetahuan dan kemampuannya yang berhubungan dengan kegiatan fisik, perkembangan sosial dan progres estetika.
  • Mengembangkan rasa percaya diri dan kapabilitas untuk ahli dalam menguasai kemampuan gerak dasar yang akan memacu keterlibatan dalam bermacam-macam kegiatan jasmani.
  • Mendorong perkembangan nilai-nilai karakter melalui keterlibatan dalam kegiatan jasmani entah itu secara berkelompok ataupun secara personal.
  • Mendapatkan dan memelihara kemampuan fisik yang ideal dalam rangka menjalankan tugas keseharian secara tepat guna dan terkontrol.
  • Ikut serta dalam kegiatan jasmani yang bisa meningkatkan keterampilan sosial dimana peserta didik memiliki peran secara berdaya guna dalam hubungan antar individu.
 

C.    Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani termasuk satu diantara bagian dari pendidikan tentu saja memiliki ruang lingkup yang ekstensif. Ruang lingkupnya meliputi pendidikan jasmani, pendidikan olahraga, dan pendidikan kesehatan. 

Pendidikan jasmani maksudnya ialah pendidikan gerak seperti olahraga, senam, dan aktivitas fisik lainnya yang bertujuan memajukan berbagai potensi aktivitias anak secara organik, neuromuscular, emosional, dan intelektual.

Pendidikan olahraga sendiri berkaitan dengan tindakan mendorong perkembangan keterampilan fisik dan kesehatan peserta didik melalui aktivitas olahraga yang sistematik dan terorganisir. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan dan daya tahan tubuh peserta didik, serta menunjang mereka melakukan pengembangan kemampuan motorik, koordinasi, kestabilan, dan kekuatan jasmani.

Adapun, pendidikan kesehatan pada ruang lingkup ini termasuk tindakan mendorong yang bertujuan untuk mewujudkan dan mengembangkan wawasan serta membentuk pemikiran tentang pola hidup sehat, serta bisa mengimplementasikan kebiasaan hidup sehat dalam keseharian. Selain itu untuk menambah pengenalan peserta didik mengenai pentingnya kesehatan dalam aktivitas jasmani, memberikan pemahaman yang dibutuhkan dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatan secara komprehensif.

Demikian penjelasan pendidikan jasmani: pengertian, tujuan, dan ruang lingkup. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.

 
Referensi:
 
Taufik, Muhammad Syamsul., Rahadian, Adi., Sungkawa, Muhammad Guntur Gaos., Iskandar Tatang., Ridlo, Azi Faiz. 2020. Manajemen Penjas. Penerbit Adab. Indramayu.