6 Wisata di Sarmi yang Menarik untuk Dikunjungi

Daftar Isi
Keindahan bumi papua tidak pernah ada habisnya. Benar saja, karena Papua banyak menyuguhkan pemandang yang indah dan sayang untuk dilewatkan bagi siapa yang mengunjunginya. Namun, ada satu kabupaten yang bisa menjadi pilihan untuk berwisata lantaran banyak objek wisata yang menarik. Kabupaten tersebut ialah Kabupaten Sarmi. 

Kontur permukaan wilayah yang mencakup dataran rendah, dataran tinggi, deretan gunung dan area pinggir laut yang menjadikan kabupaten ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik untuk didatangi oleh wisatawan. Tertarik mengetahui wisata apa saja yang menarik di sini, berikut daftarnya.

1.    Monumen Tugu Yamagata

Terdapat monumen bersejarah yang bernuansa Jepang di kota Sarmi, tempat ini bernama Tugu Yamagata. Monumen ini termasuk tempat wisata yang dikelola oleh dinas pariwisata setempat. Tugu Yamagata sendiri berada di Jalan Inres Kalibagre, Kecamatan Sarmi, Kota Sarmi.
 
Source: www.ejsbonggo.blogspot.com - Sumbernya Disini
 
Monumen ini didirikan sebagai simbol persahabatan dari pihak Jepang khususnya Yamagata Prefecture dengan pihak Papua. Tak hanya itu, Tugu Yamagata dibangun sebagai tugu perdamaian dalam mengenang peristiwa Perang Dunia II. Dalam perang itu sendiri, terdapat banyak tentara jepang yang gugur maka dibangunlah tugu bersejarah ini.

2.    Pantai Kelapa Satu

Ada satu pantai di Kabupaten Sarmi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan lantaran keindahan alam sekitarnya, pantai ini bernama Pantai Kelapa Satu. Letaknya ada di Jalan Raya Klp. Satu, Pantai, Kecamatan Sarmi, Kabupaten Sarmi.
 
Source: www.republikwisata.com - Sumbernya Disini
 
Pasir pantai ini bercorak hitam dan memiliki kesan yang sensasional,terutama pada waktu sore hari. Selain itu, ombak di Pantai Kelapa Satu juga tinggi dan teratur. Maka jangan heran bila Kota Sarmi dijuluki Kota ombak. Ada banyak peselancar yang berkunjung ke pantai ini sekadar mencoba tantangan dari ombaknya. 

3.    Pulau Liki

Pulau Liki termasuk pulau terluar di provinsi Papua, tepatnya berada di Samudera Pasifik. Keindahan bawah lautnya menjadi satu diantara magnet tersendiri bagi pulau ini. Ekosistem laut di Pulau Liki masih lestari lantaran warga setempat menjaganya dengan baik.
 
Source: www.mongabay.co.id - Sumbernya Disini
 
Lantaran pulau ini terletak di Samudera Pasifik tentu saja ombaknya tinggi. Oleh karena itu, destinasi wisata ini sangat tepat bila menjadi tempat untuk aktivitas selancar. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan ikan lumba-lumba yang menyita perhatian. Dengan menyaksikan ikan lumba-lumba di sini tentunya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

4.    Pegunungan Foja

Pegunungan Foja termasuk deretan gunung yang berada di bagian utara Sungai Mamberamo di wilayah Papua. Pegunungan ini adalah satu diantara kawasan aliran sungai Mamberamo yang menyuplai air bersih di seluruh area papua di sebelah utara. Sungai ini adalah sungai yang memiliki panjang sekitar 670 km yang berada di bagian selatan Pegunungan Foja, kabupaten Sarmi.
 
Source: www.celebes.co - Sumbernya Disini
 
Panorama alam di pegunungan ini yang begitu indah membuatnya siapa saja akan terpukau. Udara di Pegunungan Foja juga sangat bersih jauh dari polusi udara. Secara umum, lingkungan sekitarnya merupakan hutan belantara yang menjadi tempat tinggal bagi berbagai spesies flora dan fauna. Hal ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai ekosistem hutan dan senang berinteraksi dengan alam liar.
 

5.    Kampung Wisata Beneraf

Kampung wisata beneraf berlokasi di Distrik Pantai, Kabupaten Sarmi. Kampung ini merupakan tempat bagi situs hunian prasejarah. Wisatawan bisa berjalan kaki untuk sampai ke situs prasejarah ini lantaran lokasinya berada di dalam hutan kampung beneraf. Jarak kampung ini dengan hutan tersebut kira-kira 8,5 kilometer.
 
Source: www.celebes.co - Sumbernya Disini
 
Perlu diketahui bahwa situs hunian prasejarah di Kampung Beneraf ditemukan oleh pihak Balai Arkeologi Papua. Terdapat sejumlah barang prasejarah yang bisa ditemui di sini seperti kapak batu dan gerabah. Tidak perlu khawatir bagi siapa saja yang menyambangi situs ini lantaran biaya masuknya gratis.

6.    Pulau Wakde

Pulau wakde pernah diduduki oleh pasukan Jepang ketika perang dunia II berlangsung. Bukan hanya itu saja, pulau ini juga menjadi pangkalan militer Jepang pada bulan April tahun 1942. Akan tetapi, pada tahun 1944 tepatnya bulan Mei, pihak sekutu yakni Amerika Serikat merebut pulau ini dari Jepang. 

Source: www.celebes.co - Sumbernya Disini

Ada sejumlah peninggalan bersejarah di pulau Wakde yang ditinggalkan oleh Jepang saat perang dunia II usai seperti sisa-sisa besi kapal sampai dengan landasan pesawat. Semantara itu, pemandangan alam di pulau ini yang indah dan pasir pantainya yang putih membuat wisatawan merasa betah di sini.
 
Demikian penjelasan 6 wisata di Sarmi yang menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
 
Referensi:
 
Dikutip dari berbagai sumber.