Mari Simak 8 Fakta Menarik Mengenai Sungai Volga

Daftar Isi
Sungai Volga merupakan sungai cukup ternama dan terpenting di kawasan Benua Eropa, khususnya di Rusia. Sungai ini diketahui sebagai sungai terpanjang yang di kawasan Eropa maupun di sekitarnya dan tidak diragukan lagi bahwa terdapat banyak sejarah yang berhubungan dengan Sungai Volga.

Fakta Sungai Volga

Hingga sekarang Sungai Volga senantiasa menjadi bagian terpenting dari ekonomi, kultur, dan kehidupan masyarakat Rusia. Perlu untuk diketahui bahwa sungai ini termasuk sungai nasional bagi negara Rusia. Untuk lebih mengenal Sungai Volga, berikut ini fakta menarik mengenainya.
 

1.    Sungai Terpanjang di Benua Eropa

Sungai Volga berada di kawasan Rusia. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Rusian dan sungai terpanjang di Benua Eropa. Panjang Sungai Volga sekitar 2300 mil atau 3.692 kilometer dari kawasan Perbukitan Valdai lalu bermuara ke Laut Kaspia. Sungai Danube ialah sungai paling panjang kedua yang berada di Benua Eropa, namun lebih pendek dari Sungai Volga sekitar 500 mil atau 800 kilometer. Sungai Volga merupakan sungai yang memiliki arus lambat. Dari hulu sungainya sampai ke muara sungainya, tinggi sungai ini hanya mencapai 253 meter.

2.    Kedalaman dan Luas yang Berlainan

Sungai Volga mempunyai kedalaman dan luas yang berlainan di setiap lokasi. Bisa dibilang, tidak semua lokasi dapat dilihat kawasan seberangannya. Air di sungai ini bisa mengalami pembekuan kira-kira selama tiga bulan pada musim dingin di setiap tahunnya.

3.    Sungai Volga memiliki Tiga Bagian Sungai

Sungai Volga dibagi menjadi tiga bagian sungai. Bagian sungai tersebut ialah Volga Atas, Volga Tengah, dan Volga Bawah. Volga Atas dimulai dari hulu sungainya lalu mengalir melalui danau alami, waduk buatan manusia dan empat bendungan ke Nizhny Novgorod selanjutnya bagian sungai ini bermuara ke Sungai Oka. Volga Tengah membentang dari Sungai Oka ke Volga Bawah tepatnya di Sungai Kama, di kawasan selatan Kazan.

4.    Volga Atas Mempunyai Danau Alami yang Tersisa dan Satu-Satunya yang Ada di Sungai Volga

Volga atas dimulai dari hulu sungainya lalu mengalir melalui sistem danau kecil ke Danau Volgo. Sistem danau ini merupakan satu-satunya sistem danau alami yang ada di kawasan Sungai Volga. Waduk pertama didirikan di bawah Danau Volgo yang beberapa mil jaraknya. Waduk ini mampu menaikkan air lalu mengalir ke Sungai Shenksa di Rybinsk yang jaraknya sekitar 490 kilometer atau 305 mil. Sejumlah kapal dapat melakukan pelayaran di sepanjang Sungai Volga dari spot ini ke Laut Kaspia.

5.    Rumah Bagi Ikan Sturgeon

Sungai Volga diketahui sebagai rumah atau tempat bagi spesies Ikan yang memiliki ukuran besar. Ikan ini begitu populer dan banyak diburu untuk sekadar diambil telurnya. Telur Ikan Sturgeon lalu diolah menjadi caviar. Caviar sendiri merupakan bahan makanan yang sangat tinggi harganya di dunia. Sementara itu, sentral dalam proses mengelola caviar berada di muara Sungai Volga tepatnya di Kota Astrakhan.

6.    Sungai Volga Mempunyai Saluran yang Menghubungkannya ke Laut Lepas

Pada permulaan abad ke-17, penguasa Rusia pada saat itu bernama Peter the Great mendapatkan hak kekuasaan Teluk Finlandia dari Swedia. Teluk ini termasuk bagian dari Laut Putih yang terkoneksi ke Laut Baltik. Dalam rangka menghubungkan Kota St Petersburg, Teluk Finlandia dengan pendalaman Rusia, ia membangun sistem transportasi sungai dengan memanfaatkan sungai dan danau di kawasan barat laut Rusia. Hal tersebut merupakan bencana lantaran rawan adanya angin kencang, badai dan perairan dangkal di danau di kawasan tersebut yang dapat merusak kapal kargo. Untuk mencegah bahaya yang terjadi di kawasan tersebut, Peter the Great mengambil keputusan untuk mendirikan sistem kanal aman yang menghubungkan Sungai Volga ke Teluk Finlandia.

7.    Polusi Air yang Begitu Tinggi

Dewasa ini Sungai Volga terdampak pencemaran yakni terdapat polusi air yang begitu tinggi di sungai ini. Polusi air yang terdapat di Sungai Volga bersumber dari limbah kimia pabrik. Diperkirakan terdapat sekitar 10 juta kubik limbah yang telah dilakukan pembuangan ke sungai ini setiap tahunnya. Berbagai limbah itu sendiri berasal dari pabrik-pabrik yang terdapat di pinggiran Sungai Volga.

8.    Kaya akan Sumber Daya Alamnya

Dataran rendah pada Sungai Volga yang subur terdapat gandum dalam jumlah besar dan kaya akan mineral. Perusahaan minyak dengan skala besar berpusat di dataran rendah sekitar Sungai Volga. Sumber dayanya mencakup gas alam, garam, dan kalium.

Demikian penjelasan 8 fakta menarik mengenai Sungai Volga. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
 
Referensi:
 
Dikutip dari berbagai sumber.