8 Fakta Menarik Mengenai Gurun Gobi

Daftar Isi
Gurun Gobi kerap kali diilustrasikan sebagai gurun tidak bernyawa layaknya gurun yang ada di belahan dunia lain. Namun berdasarkan kenyataan, umumnya gurun Gobi mencakup tanah stepa, pasir, pegunungan, banyak satwa liar yang mendiami kawasan ini dan termasuk habitat bagi unta baktria atau unta berpunuk dua.
 

Dalam bahasa Mongolia, gobi berarti tanpa air, namun orang cina terkadang menyebutnya sebagai Han-hal yang bermakna laut kering. Gurun ini pernah menggemparkan dunia ditahun 1920-an, lantaran pada waktu itu ekspedisi palentogi yang dilakukan oleh American Museum of Natural History telah menemukan telur dinosaurus pertama yang dikonfirmasi do dunia. Dalam postingan ini terdapat sejumlah fakta yang menarik untuk diketahui. Mari simak.
 

1.    Termasuk Gurun Terluas di Dunia

Dengan luas kira-kira 1.300.000 kilometer persegi, Gurun Gobi termasuk gurun terbesar keenam di dunia mengungguli gurun lainnya seperti gurun Kalahari, Patagonia, dan Sonoran. Luas area gurun ini lebih besar dari luas area negara Peru. Perpaduan luas negara Thailand, Spanyol, dan Inggris hampir memenuhi segenap kawasan gurun Gobi. Bahkan gurun ini termasuk gurun paling besar di benua Asia.
 

2.    Telah Ditemukan Fosil

Terdapat fosil di kawasan gurun Gobi. Ada yang berumur 100.000 tahun. Satu diantara orang yang menemukan fosil di gurun ini ialah Roy Chapman Andrews, seorang ahli palentologi berkebangsaan Amerika Serikat. Ia pernah menemukan fosil telur Dinosaurus pertama yang diketahui. Ia juga disinyalir menjadi inspirasi bagi Indiana Jones.
 

3.    Tidak Terlalu Berpasir

Umumnya permukaan tanah gurun Gobi tidak memiliki pasir, melainkan bebatuan. Gurun ini termasuk wilayah bayangan hujan yang dibentuk oleh Pegunungan Himalaya selanjuntnya menghambat angin muson. Hanya sekitar 5% gurun yang tertutup pasir, sementara itu sisanya ditutupi oleh bebatuan sedimen dan padang rumput yang tandus.
 

4.    Memiliki Temperatur Panas dan Dingin

Dalam periode musim dingin, temperatur di gurun Gobi bisa mencapai -40 derajat celsius, adapun di periode musim pasas temperaturnya bisa mencapai 45 derajat celsius. Sepanjang musim dingin, salju turun relatif efektif untuk memelihara ternak dan hewan liar yang ada di gurun ini. Bukit pasir kerap kali ditutupi oleh pasir, atas dasar ini menjadikan gurun Gobi satu-satunya gurun di dunia yang menyuguhkan panorama yang saling berseberangan.
 

5.    Tanahnya yang Subur

Bertentangan dengan representasi dari karakteristik tersendiri dari sebuah gurun, di gurun Gobi orang dapat menyaksikan pemandangan pegunungan, padang rumut, sungai, danau kecil, dan terdapat oasis yang begitu penting bagi kelangsungan hidup satwa liar dan tumbuhan. Sejak tahun 1960-an, sejumlah oasis telah dipakai untuk melakukan aktivitas pertanian, terutama menanam buah-buahan layaknya apel mini, buah persik, dan semangka. Di gurun ini, periode tanam berlangsung dengan durasi waktu kira-kira 6 - 7 bulan dari bulan April hingga bulan Oktober, bahkan dua kali lebih lama dari kawasan Mongolia lainnya.
 

6.    Pernah Menjadi Jalur Perdagangan

Gurun Gobi termasuk tempat bagi sebagian besar kota di Jalur Sutra pada waktu lampau. Perdagangan merupakan aspek terpenting bagi Mongolia pada waktu itu. Ketika kekaisaran Mongolia mencapai puncak kekuasaannya, kekaisaran ini melindungi para pedagang di berbagai jalur barat.
 

7.    Aktivitas Ekonomi

Umumnya aktivitas ekonomi di gurun Gobi berasal dari proyek pertambangan Oyu Tolgoi yang berada di Khanbogd sum di Gurun Gobi selatan, kira-kira 235 Km timur ibukota provinsi mnogovi Dalanzadgad. Tambang ini melakukan kegiatan operasionalnya dibawah manajemen rio tinto grup melalui kesepakatan Mongolia. Pertambangan ini merupakan kawasan tambang terbesar di seluruh wilayah Mongolia walaupun terdapat sejumlah kontroversi akan tetapi membawa dampak keuntungan yang besar bagi negara tersebut.
 

8.    Habitat Beruang Gobi

Beruang gobi termasuk subspecies dari beruang coklat yang ditemukan di kawasan Mongolia, khususnya di gurun Gobi. Penduduk setempat menamainya mazaalai. Beruang jenis ini merupakan satu-satunya beruang yang dapat bertahan hidup di kawasan gurun. Bahkan beruang gobi masuk dalam kategori satwa yang terancam punah lantaran jumlahnya yang sedikit, diperkirakan hanya 21 hingga 29 saja menurut data tahun 2015.

Demikian penjelasan 8 fakta menarik mengenai gurun Gobi. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.
 
 
Referensi:
 
Dikutip dari berbagai sumber.