Media Cetak: Pengertian, Jenis, dan Fungsi

Daftar Isi
Pengertian, Jenis, dan Fungsi. Media cetak sampai dewasa ini tetap banyak dipakai sebagai instrumen untuk memperoleh keterangan berupa informasi dan wawasan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pemakainya. Meskipun teknologi digital sudah mengalami perkembangan yang begitu cepat.
 
Media Cetak Pengertian Jenis dan Fungsi

Media cetak dengan segenap kelebihannya masih dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendapatkan dan menyebarluaskan khazanah informasi dan wawasan pengetahuan dari informan dan kepada publik. Kedudukan media cetak begitu relevan, selama berabad-abad membuatnya jadi satu-satunya instrumen transisi dan distribusi informasi, ide serta hiburan yang dewasa ini difasilitasi oleh bermacam-macam sarana komunikasi. Di samping sebagai instrumen dalam mencapai lingkup masyarakat, media cetak juga membuatnya jadi instrumen penting untuk memperhubungkan pihak pembeli dengan penjual.

A.    Pengertian Media Cetak

Berikut ini pengertian media cetak menurut para ahli antara lain.
  • Menurut Ronald H Aderson, media cetak adalah materi berupa referensi bacaan yang dihasilkan dengan cara profesional layaknya buku, koran, majalah dan buku pedoman.
  • Menurut Eric Barnow, media cetak adalah segenap materi barang yang dicetak yang ditujukan untuk khalayak ramai, maka yang didefinisikan sebagai media cetak yakni koran, majalah serta berbagai format materi dalam bentuk barang terbitan yang orientasinya dibuat untuk mendistribusikan keterangan berupa informasi atau pesan komunikasi.
  • Menurut Lawinsider Dictionary, media cetak adalah surat kabar, warta singkat, buletin, majalah, buku serta karya tulis dalam format apa saja, selebaran maupun klasifikasi publikasi lain-lainnya, dan objek iklan, mencakup kemasan, foto, dan potret digital.
  • Menurut Oxford Reference, media cetak adalah seluruh format komunikasi termaktub atau potret gambar yang dihasilkan dengan cara mekanis dengan memanfaatkan prosedur pencetakan, maupun digital yang mampu menghasilkan banyak duplikat berupa salinan dengan mekanisme otomatis.
  • Menurut Kasali, media cetak adalah media yang stagnan serta menitikberatkan berbagai instruksi berupa pesan visual. Media itu sendiri mencakup halaman dengan beberapa kata, potret gambar, atau foto, dalam desain warna dan lembaran putih.
 

B.    Jenis Media Cetak

Berikut ini jenis media cetak antara lain.

1.    Koran

Koran dapat dimaknai sebagai sumber keterangan berupa informasi dan laporan berita aktual mengenai tokoh dan kejadian yang mengemuka. Informasi relevan yang ada dalam koran sering disimpan dalam format kliping laporan berita. Koran memuat bermacam informasi dan laporan berita aktual yang mesti diketahui oleh orang yang membacanya. Perkembangan teknologi informasi sudah menjadikan koran sebagai sarana berupa media yang tidak lagi melalui percetakan, namun diberitahukan dengan cara digital.

2.    Majalah

Majalah adalah satu diantara jenis media cetak yang berisi berbagai materi teks dalam bentuk bacaan untuk para pembaca. Majalah lazimnya mempunyai target pembaca yang telah ditentukan serta membuatnya jadi market share dari majalah itu sendiri.  Publikasi majalah sering dihubungkan dengan interes dari target pembacanya. Sebagai contoh, majalah fotografi diperuntukkan untuk mereka yang selaku pembaca dan mempunyai kegemaran dalam memotret. Dewasa ini majalah tidak sekadar diperlihatkan dalam bentuk cetak belaka, namun juga dalam bentuk digital. 

3.    Brosur

Brosur adalah terbitan yang dipakai untuk memberitahukan keterangan berupa informasi dan wawasan pengetahuan tertentu kepada orang yang membacanya. Pemakaian brosur sering berhubungan dengan advertensi atau promosi dan penyaluran informasi mengenai berbagai produk yang memiliki karakteristik komersial. Akan tetapi, brosur bisa juga memuat informasi dan wawasan pengetahuan mengenai mekanisme atau cara yang mesti dijalankan untuk merampungkan pekerjaan serta tugas.

4.    Buku Teks

Buku teks adalah jenis media cetak yang memuat penjelasan dalam bentuk deskripsi mengenai berbagai gagasan dan konsep dalam disiplin ilmu pengetahuan yang telah ditentukan. Buku teks, lazimnya memuat keterangan informasi dan wawasan keilmuan yang memiliki karakteristik akademis. Buku teks dipakai dalam ranah edukasi dan pengajaran formal untuk mengembangkan mata pelajaran maupun mata kuliah yang telah ditentukan.

5.    Booklet

Booklet adalah buku yang memiliki dimensi ukuran cukup kecil dan berisi penjelasan informasi dan wawasan pengetahuan pragmatis mengenai suatu materi atau kajian ilmu tertentu. Booklet memiliki sifat begitu praktis untuk dipakai disebabkan format dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan format dimensi sebuah buku. Penjelasan informasi dan wawasan pengetahuan yang ada dalam sebuah booklet, lazimnya diulas dengan cara ringan dan sederhana untuk dimengerti oleh target pembaca.

C.    Fungsi Media Cetak

Berikut ini fungsi media cetak antara lain.

1.    Sarana Membantu dalam Belajar

Sebagai sarana membantu dalam belajar, pemakaian media cetak memiliki tujuan untuk berkontribusi dalam menyampaikan arahan dan pedoman dengan langkah demi langkah mengenai metode yang mesti dijalankan oleh seorang individu untuk melaksanakan sesuatu bentuk kewajiban berupa tugas dan pekerjaan. Pokok penjelasan informasi yang termuat di dalam materi bimbingan yang dicetak adalah sumber keterangan dalam bentuk informasi dan wawasan pengetahuan yang akan dipakai dengan cara personal oleh orang yang membacanya. Orang yang membacanya dalam perihal ini dipersilakan untuk mengikuti pedoman mengenai metoden dan mekanisme yang mesti dijalankan dalam melaksanakan suatu kewajiban berupa tugas serta pekerjaan.

2.    Materi Pelatihan

Sama saja dengan sarana membantu dalam belajar, perantara cetak yang dipakai sebagai materi pelatihan memiliki karakteristik pengajaran atau bersifat pelajaran di dalamnya. Dengan adanya media cetak, orang yang membacanya akan ditampilkan petunjuk-petunjuk serta penjelasan informasi yang berhubungan dengan tajuk yang bisa didalami. Terdapat tiga format media cetak yang lazim dipakai sebagai materi pelatihan yakni (1) handout, (2) study guides, dan (3) buku manual.

3.    Materi Informasi dan Pengetahuan

Media cetak sering dipakai sebagai materi informasi mengenai suatu sasaran atau kegiatan. Media itu sendiri juga kerap kali dipakai untuk menyemangati pembaca supaya mau mendalami suatu laporan informasi dan wawasan pengetahuan. Sebagai materi informasi, media cetak sering dipakai untuk mendapatkan atensi dan memperlihat pandangan yang baik dari lembaga atau perusahaan.
 
 
Demikian penjelasan media cetak: pengertian, jenis, dan fungsi. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.

 
Referensi:
 
Pribadi, Benny A. 2017. Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Edisi Pertama. Kencana. Jakarta.