7 Dewa-Dewi Mitologi Nordik yang Terkenal

Daftar Isi
Dewa-Dewi Nordik. Mitologi Nordik merupakan keyakinan pada makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos yang bersifat konservatif dan ajaran terdahulu yang menjadi budaya di masyarakat Eropa Utara (Bangsa Skandinavia).


Negara Eropa utara yang mengenal mitologi Nordik yaitu Denmark, Swedia, Norwegia, dan beberapa wilayah di Jerman dan Islandia. Bangsa Skandinavia (Norseman/Northman) yang artinya orang utara.

Dalam Mitologi Nordik terdapat dewa-dewi seperti halnya di Mitologi Yunani. Berikut ini 7 Dewa-Dewi Mitologi Nordik yang terkenal.

1.  Odin

Dewa yang sangat berpengaruh dan tertinggi pada Mitologi Nordik yaitu Odin. Odin memiliki berbagai macam rahasia. Dia merupakan raja sekaligus pemimpin Ras Aesir yang akan kalah di pertempuran luar biasa yang disebut Ragnarok.

Odin mampu mengendalikan rahasia takdir dan mendapatkan kekuatan dengan cara mengorbankan dirinya di Yggdrasil. Di tempat itu, dia gantung diri di pohon dunia selama sembilan malam dan disiksa hingga dia melihat tanda-tanda rahasia takdir.

Odin merupakan anak dari dua raksasa yang bernama Bor dan Bestla. Dia membangun tempat tinggal yang disebut Asgard dan mempunyai aula mewah yang atapnya terbuat dari perak murni bernama Hliskialf. Dia mampu melihat seantero dunia dengan hanya duduk dikursi tahtanya.

2.  Thor

Thor merupakan anak kandung dari dewa tertinggi dengan dewi bumi yaitu Odin dan Jord. Thor adalah dewa petir dan dewa ternama yang ada di mitologi Nordik. Dia bertugas untuk menjaga Asgard dan Midgard dari bahayanya musuh dan pengaruh kekuatan jahat.

Tubuh besar, kuat, terkuat dari para dewa Nordik. Dengan kemampuan yang kuat, Thor akan bertambah kuat dengan memakai Ikat pinggang yang disebut Megingjord dan palu godam yang disebut Mjollnir.

Thor memiliki istri bernama Sif yang dijuluki si rambut emas.Thor dan Sif memiliki Putra bernama Modi, Magni dan putri bernama Thrud. Selain itu Thor memiliki anak tiri dari pernikahan sif sebelumnya, seorang putra yang bernama Ullr yang merupakan dewa berburu.

3.  Loki

Loki adalah seorang dewa yang tampan namun licik. Dia merupakan dewa api, anak kandung dari raksasa bernama Farbautia (dia yang memberikan hantaman maut) dan Laufey/Nal. Loki mempunyai saudara kandung yang bernama Byleist dan Helblindi.

Loki bersahabat dengan Thor, tapi dia mengkhianati Thor. Meskipun Loki mempunyai watak yang licik dalam menipu lawannya, dia terkadang melakukan hal yang baik untuk misi penyelamatan namun disisi lain dia dapat memperdayai para dewa. Dilihat dari sudut pandang berbeda yang berkaitan dengan karakternya, Loki lah yang bertanggung jawab atas banyaknya dewa yang mati di peperangan ragnarok.

4.  Freya

Freya memiliki paras yang cantik dari ras vanir, anak dari Njord, namun menjadi Aesir. Dia mempunyai adik yang bernama Freyr . Freya representasi dari cinta dan keindahan serta dewi tercantik di valhalla. Dia merupakan dewi penguasa akhirat dapat membangkitan para prajurit yang mati dalam peperangan, lalu ditempatkan di petempuran Valhalla.

Freya mempunyai suami yaitu Od atau Odur dan menjadi anak dari Nossa (Hnossa) dan Gersimi, namun Suaminya menghilang lalu Freya mencarinya ke seluruh dunia untuk menemukan Od seraya mengeluarkan air mata emas.

5.  Frigg

Frigg istri dari Odin. Dia dijuluki Ratu para Aesir, pemimpin para dewi dan dewi langit. Frigg ahli dalam meramal. Dalam beberapa kisah, frigg dapat menampakkan rekaman masa depan dewa dan manusia namun dia tidak bisa mengubah jalan takdirnya.

Frigg memiliki anak dari pernikahan dengan Odin yaitu Balder, Hodhr, dan Wecta dan anak tirinya yaitu Hermodhr, Heimdall, Tyr, Vidar, Vali, Skjoldr. Thor merupakan anak tirinya dan juga saudaranya.

6.  Hel 

Hel merupakan dewi kematian dan putri terakhir dari Loki dan Angerboda, serta penguasa dunia bawah (underworld). Ketika dia masih kecil, Hel sudah dibuang ke niflheim. Dia dipercaya sebagai dewi terkuat yang mampu menandingi kekuatan Odin, Hel bisa lebih kuat bila dia berada di dunia bawah.

Dia diyakini, jika ada wilayah yang terserang wabah penyakit dan kelaparan, hel bermaksud meninggalkan niflheim dan mendatangi midgard dengan kuda putih berkaki tiga peliharaannya. Tujuannya Hel melakukan itu, untuk mengambil orang yang masih hidup dan mengantarkannya ke niflheim.

7.  Heimdall

Heimdall adalah keturunan sekaligus anak dari nine waves yakni 9 makhluk kolosal perempuan yang seluruhnya berkerabat. Hal tersebut bermakna bahwa Heimdall memiliki 9 ibu. Nine Waves adalah keturunan Aegir. Heimdall disebut pula “Rig”, yaitu dewa yang mencipta kaum manusia. Julukan lain yaitu Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall merupakan pelindung Bifrost dan mendiami himinbjorg sebuah ruang besar sebagai tempat tinggal yang berada di penghujung kota Asgard. Heimdall memiliki telinga dalam mendengar dan mata dalam melihat yang luar biasa cemerlang dan merupakan penjaga yang belum merasakan tidur sebagai dewa yang menjalankan tugas dalam menghalangi setiap raksasa masuk ke dalam Asgard. Dia mempunyai pedang yang dinamakan Hofund atau Heimdall’s head.

Layaknya Odin, Heimdall pun meminum air dari sumber air Mimir dan demi hal tersebut Heimdall mempertaruhkan satu diantara telingannya. Pada momen pertempuran final yaitu Ragnarok antara dewa-dewa dan makhluk kolosal yang jahat, dengan mengendarai kudanya yang bernama Gulltopp dan menenteng pedangnya yang disebut Hofund, Heimdall dan Loki membunuh antara satu sama lain dalam peperangan.


Demikian penjelasan tentang 7 Dewa-Dewi Mitologi Nordik yang Terkenal. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.


Referensi:

Gailman, Neil. 2017. Norse Mythology (Mitologi Nordik). PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.